Senin, 01 Agustus 2011

Anti Malware Panda USB Vaccine 1.0.1.14 Full Versi Freeware

Sobat bloger pusing dengan virus-virus yang mengancam komputer sobat melalui media flasdisk sobat?? Saya sarankan sobat bloger menggunakan aplikasi dari panda ini yang dimana dapat melindungi flashdisk anda dari ancaman virus yang merugikan.

Satu terobosan baru telah dibuat oleh Panda Research Blog. Karena melihat efek negatif fasilitas autorun windows yang sering digunakan sebagai penyebaran virus, Panda membuat program sederhana (gratis/free) tetapi cukup ampuh untuk mencegah virus membuat file autorun.inf, program ini disebut Panda USB Vaccine
Hal ini sepertinya setelah mereka melihat merebaknya worm W32/Conficker, W32/sality, W32/virut dan sejenisnya.

Sebelumnya saya juga pernah membuat program sederhana (Super Autorun), tetapi hanya efektif untuk drive/USB dengan file sistem NTFS, dan itupun mungkin masih bisa dihapus oleh virus (meskipun tidak mudah :) )
Sedikit berbeda dengan Super Autorun, yang membuat Folder autorun.inf, Panda USB Vaccine akan membuat File Autorun.inf yang juga tidak bisa di edit, rename, hapus atau di modifikasi. Sehingga virus tidak akan bisa menyebar melalui file autorun.inf


Dua fungsi utama dalam aplikasi ini :
  • Computer Vaccination, yaitu untuk memberi vaksin komputer (PC) dalam upaya menon aktifkan fasilitas autorun windows. Sehingga tidak ada program dari USB Flashdisk/CD/DVD drive dapat berjalan sendiri (otomatis) tanpa interaksi penggunanya. Untuk Komputer yang sudah diberi “vaksin” ini, vaksinnya bisa dihilangkan dengan program ini juga.
  • USB Vaccination, fasilitas ini akan memberikan “vaksin” ( membuat file autorun.inf yang tidak bisa di edit, rename, di hapus meskipun dengan software seperti unlocker) di USB Flash Drive (Flahsdisk). Dengan begitu virus tidak akan bisa menyebar (secara otomatis) melalui flashdisk dengan perantara autorun.inf, dan flashdisk tetap bisa digunakan seperti biasa.
Perhatian: Meskipun begitu, virus tetap bisa meng-copy ( memperbanyak diri ) di flashdisk, hanya saja tidak bisa berjalan (menyebar) secara otomatis menggunakan autorun.inf. Selain itu perlu di ingat juga bahwa jika sudah di beri vaksin, maka Flashdisk tidak bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya (keadaan tanpa vaksin), kecuali dengan di format ulang.

Penggunaan USB Vaccine dengan Command Line

Untuk pengguna yang sudah berpengalaman/ahli (advanced), Panda USB Vaccine bisa dijalankan dengan command line. Misalnya dimanfaatkan untuk menjalankan USB Vaccine secara otomatis ketika booting, memberi vaksin komputer dalam jaraingan dan lainnya. Parameter inputnya adalah sebagai berikut :
USBVaccine.exe [ A|B|C…|Z ] [ +system|-system ] [ /resident [/hidetray] ]
Keterangan :
[drive unit]: Vaccinate drive unit
+system : Computer vaccination
-system : Remove computer vaccination
/resident: Start program hidden and prompt for vaccinating every new drive
/hidetray: Hides tray icon when used with the /resident command
Contoh,
untuk memberi vaksin USB Flash drive F:\ dan G:\ bisa menggunakan perintah :
USBVaccine.exe F G
Untuk memberi vaksin komputer, dengan perintah
USBVaccine.exe +system
Untuk memberi vaksi komputer dan menampilkan informasi ketika ada drive baru, tanpa menampilkan icon di sistem tray, bisa menggunakan perintah berikut :
USBVaccine.exe /resident /hidetray +system
Dengan perintah terakhir ini dan dibuat shortcut di start up folder (dengan atau tanpa parameter /hidetray) maka setiap komputer booting, USB Vaccine akan otomatis berjalan dan akan memberi vaksin komputer serta menampilkan konfirmasi untuk memberikan vaksin jika ada Flashdisk (USB Drive) yang baru dipasang dan didalamnya idak ada vaksin ini.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons